Jumat, 04 Juli 2008

Aktivitas Touring [3#3]



Pada tulisan berikut ini kami akan memaparkan prosedur yang perlu diikuti baik oleh peserta maupun petugas dalam aktivitas touring. Seperti telah dipaparkan sebelumnya, agar dapat berlangsung secara zero-accident, ada pakem-pakem yang hendaknya diikuti dalam aktivitas bermotor yang mengasyikan ini. Dalam aktivitas touring, semua peserta terbagi ke dalam 2 (dua) kategori besar : Peserta dan Petugas, yang mengikuti kegiatan dalam koridornya masing-masing. Selain itu, sepesifikasi perlengkapan juga terbagi untuk 2 (dua) kelompok, perlengkapan kendaraan dan perlengkapan pengendara. Oke bro, daripada lama-lama, mending langsung aja kali yah.? Berikut ini adalah kondisi motor yang diijinkan ikut dalam perjalanan touring (berlaku untuk semua peserta dan petugas) :
  1. Kendaraan dapat berjalan dengan baik.
  2. Ban harus dalam keadaan baik. Dilarang memakai ban kecil dan atau terlalu tipis.
  3. Semua lampu (depan, belakang, rem, sen) harus berfungsi dengan baik. Dilarang mamakai lampu yang dapat menyilaukan pengendara di belakangnya seperti bahan mika putih & bohlam putih.
  4. Oli mesin dan minyak rem dalam keadaan baik.
  5. Rem depan dan belakang berfungsi dengan baik.
  6. Klakson berfungsi dengan baik.
  7. Kaca spion lengkap. Dilarang memakai kaca spion kecil.
  8. Toolkit standard lengkap.
  9. Bahan bakar penuh.

Sedangkan berikut ini adalah perlengkapan yang diperlukan oleh pengendara dan penumpang (boncenger) termasuk petugas (road capten, vooridje (fo-rider), safety officer (satgas), sweeper, technical office) :

  1. Helm. Pengendara dan penumpang diwajibkan memakai minimal helm open face (3/4) lengkap dengan kacanya. Dilarang keras memakai helm cetok.
  2. Jacket. Diwajibkan memakai jaket dan disarankan yang agak tebal untuk proteksi yang lebih baik.
  3. Celana Dilarang memakai celana pendek. Disarankan memakai celana dengan bahan yang tebal seperti jeans.
  4. Sepatu Pengendara dan penumpang diwajibkan memakai sepatu, dianjurkan sepatu dari jenis bahan kulit dan memiliki tinggi minimal semata kaki.
  5. Sarung tangan Diwajibkan memakai sarung tangan.
  6. Body Protector/Pelindung dada. Disarankan memakai body protector.
  7. Jas Hujan Diharuskan membawa jas hujan baik untuk pengendara maupun penumpang. Dilarang memakai jas hujan jenis ponco.
  8. Obat-obatan untuk keperluan pribadi. Membawa obat-obatan yang diperlukan untuk keperluan pribadi.

Selain itu, juga terdapat dokumen-dokumen yang harus ada pada setiap peserta dan petugas adalah Kartu Identitas (KTP), Surat Ijin Mengemudi (SIM), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Demikian perlengkapan standar kendaraan dan pengendaranya yang harus dipenuhi oleh setiap peserta (dan petugas) dalam aktivitas touring.

Oke bro, keep going aja with your bike. Selalu ber-safety riding, our brotherhood never ends.. and Bravo BBC.!

Tidak ada komentar: