Selasa, 22 Juli 2008

Gaya Sentrifugal


Suka nonton MotoGP gak Bro? Kalau gak suka ente jangan ngaku bikers. Disamping suka tegangnya kalau Rossi sedeng udak-udakan ame Pedrosa en Stoner, ane suka perhatiin gaya menunggang masing-masing. Salah satunya adalah gaya miringin badan saat nikung. Coba perhatiin, sama-sama miring tapi antar pembalap kagak sama. Begitu juga gaya Rossi nyang suka julurin kaki sebelum masuk tikungan yang banyak ditiru Pedrosa. Pertanyaannya, itu semua Cuma gaya-gayaan aja apa ade maksudnya? Ternyata dari baca buku sekolahan, sebagian besar gaya-gaya itu terkait dengan yang dinamakan GAYA SENTRIFUGAL.
Kate buku itu, apabila suatu benda diletakkan pada bidang datar dan bidang tersebut diputar, maka ada gaya yang mendorong benda tersebut kearah luar. Itulah Gaya Sentrifugal. Jadi, kalau bikers naik motor kemudian menikung pada kecepatan yang relative tinggi, maka bro akan merasakan seperti didorong kearah “luar” busur tikungan ( kalau nikung kanan dilemparnye ke kiri dan sebaliknya ). Gaya itu akan semakin besar apabila berat bendanya semakin besar atau “titik gravitasi”-nya semakin tinggi. Ini perlu dipahami agar bikers tahu cara menangkal gaya tersebut.
Mengurangi berat motor? Jelas tidak praktis. Jadi yang bisa dilakukan seorang biker adalah menurunkan titik gravitasi. Caranya dengan memiringkan sepeda motor kearah “dalam” busur tikungan. Tetapi dengan berat motor yang kadang seratusan kilogram, seakan motor itu “ngelawan” usaha bikers, yakni mau kembali tegak dengan sendirinya ( padahal si setan sentrifugal itu yang gerakin, bukan maunye motor itu sendiri ). Untuk ngelawan itu bisa aja bikers rebahin moton lebih dalam lagi. Masalahnya, daya cengkeram ban terbatas, jadi bisa-bisa motor kepeleset, bruukk, masuk rumah sakit. Oleh sebab itu para bikers handal milih “nyerosotin” duduknya ke samping dalam motor. Nah di MotoGP ini nyang asyik.
Tapi kok miringnya beda-beda ya? Ya iyalah, pan berat penunggangnya beda-beda? Nyang badannya gedean kayak si Collin Edward atawa Nicky Hayden, miringnya dikitan. Tapi nyang “kate” macem Pedrosa, ya musti lebih nyerosot. Apalagi Ducati-nya Stoner yang tenaganya ganas! Kalau nikung tuh kayak gulat ame banteng cing ( Emangnya nyang nulis pernah naek?). Nah soal julurin kaki? Katenye begini: Ritual nikung tuh urutannya LEPAS GAS – NGEREM – REBAH – NIKUNG – GAS LAGI. Dengan ngeliat jenis tikungannya, semuanya sudah ada TITIK dan GARIS ( namenye Racing Line )-nya, dimana mesti ngurangin gas, ngerem dan seterusnya. Sekali ente kagak patuh, pasti OUT. Disinilah jeniusnya Rossi, kalau persaingan udah ketat, dia pasti akan berusaha ngerem belakangan dari lawannya ( istilah kerennya Late Braking ). Tapi akibatnya udah masuk tikungan motornya belum bisa direbahin lantaran masih terlalu kenceng. Disinilah jeniusnya Rossi, telatnya ngrebahin motor dikompensasi ame julurin kaki, sekalian biar motor cepet rebahnya en kagak kebanting.
Gak percaya? Tuh pak Ketum mau ngundang guru yang bisa ngajarin SAFETY RIDING, Broer pade tanyain. Atawa, praktekin langsung aja di jalan, tapi ane kagak tanggung jawab lho akibatnya ha..ha..ha..
- originally from BBC.K001

1 komentar:

Anonim mengatakan...

salam kenal mas. saya gurumuda. tulisan anda menarik, tapi ada miskonsepsi fisika. maaf ya, tidak bermaksud menggurui. gaya sentrifuga itu tidak ada. yang ada hanya gaya sentripetal. sentrifugal itu efek semu yang kita rasakan ketika bergerak melingkar. hal ini diakibatkan oleh kecenderungan benda untuk mempertahankan arah geraknya (hk I Newton). tulisan terkait sudah saya posting di blog saya

http://gurumuda.wordpress.com

salam kenal